Friday, June 21, 2024
HomeJambiJalan Siwabessy Buluran Diperbaiki Tahun Depan, Pemprov Alokasikan Rp2,4 Miliar

Jalan Siwabessy Buluran Diperbaiki Tahun Depan, Pemprov Alokasikan Rp2,4 Miliar

Jalan Siwabessy Buluran Kenali, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi yang dikeluhkan masyarakat karena kondisinya rusak parah, akan diperbaiki Dinas PUPR Provinsi Jambi awal tahun depan. Hal itu disampaikan Plt Kabid Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Jambi, Wasis Sudibyo, Jumat (9/12).

Kata Wasis, pihaknya telah mengalokasikan dana Rp2,4 miliar. Penanganan atau perbaikan akan dilakukan pada titik yang mengalami kerusakan saja. 

“Kami sudah melakukan survey pada pertengahan tahun ini, dan rencana kami itu bisa dianggarkan pada APBD-P 2022, tapi karena dana tidak mencukupi, makanya baru bisa dianggarkan di 2023,” kata Wasis.

Dia mengatakan, selain jalan Siwabessy, beberapa jalan yang menjadi kewenangan provinsi yang akan diperbaiki yaitu Jalan Kolonel Abunjani (Sipin, red) dan Jalan Hos Cokroaminoto. 

“Masing-masing jalan itu anggarannya kurang lebih Rp3 miliar, karena kondisinya sudah aus, itu kita lakukan full overlay. Jadi kondisinya langsung mantap,” jelasnya.

Kata Wasis, total ruas jalan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi adalah sepanjang 1.032 Kilometer. Jalan itu tersebar di beberapa kabupaten/kota. Dari jumlah itu, 67 persen kondisinya sudah baik. Kondisi ini jauh lebih baik dibandingkan dengan provinsi lain, yang rata-rata dibawah 60 persen. 

“Ada jalan yang statusnya prioritas dan super prioritas. Jalan yang tidak tertangani oleh Bina Marga, itu penanganannya dialihkan ke UPTD Alkal. Jadi jalan itu tetap fungsional, tidak terjadi putus, rusak dan lain-lain. Jadi yang 33 persen itu bukan tidak tertangani, tetap tertangani tapi tidak full 100 persen penanganannya,” katanya.

Menurutnya, pemerintah Provinsi Jambi dibawah kepemimpinan Haris-Sani mentargetkan peningkatan kualitas ruas jalan provinsi sekitar 4 persen per tahun, tergantung dengan kemampuan anggaran. 

“Kalau bisa kita harus mendekati 100 persenlah, supaya jalan status provinsi ini kondisinya bagus semua,” katanya.

jambione.com

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular