Friday, June 21, 2024
HomeHealth & FitnessPembiayaan BPJS Kesehatan Untuk Operasi Batu Empedu dengan Laser Belum Sepenuhnya Dilaksanakan

Pembiayaan BPJS Kesehatan Untuk Operasi Batu Empedu dengan Laser Belum Sepenuhnya Dilaksanakan

TRIBUN JAMBI.COM, JAMBI – Pembiayaan pasien untuk operasi laser bagi penyakit batu empedu yang menggunakan BPJS Kesehatan, untuk saat ini di setiap rumah sakit di Jambi sudah di jalankan.

Hal tersebut di ungkapan Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Agus.

Dia mengatakan untuk penjaminan pasien dengan menggunakan laser dirumah sakit, sebenarnya sudah dijalankan, namun terkait dengan hal itu harus kembali kepada dokter yang menanganinya.

“Jadi intinya selama proses pengobatan atau tindakan atas dasar medis serta persetujuan dari dokter maka itu semua akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan, terlepas dari operasi yang di lakukan dikamar ataupun terkait dengan laser, apapun semua yang menjadi permintaan dari pasien antara rekomendasi dokter yang menangani kasus tersebut maka akan di tanggung oleh BPJS Kesehatan,”tegasnya Agus pada Senin (19/12/2022).

Agus menambahkan, sebelumnya ada pemberlakuan operasi yang menggunakan laser yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan yang telah ditetapkan di Jakarta ataupun di kota-kota besar lainnya, maka itu berlaku disetiap rumah sakit di Jambi.

“Seperti penanganan operasi batu ginjal terkait pengobatan yang memang harus menggunakan laser, maka itu ditanggung BPJS selama program JKN udah ada, jadi memang itu sudah berlaku untuk pasien yang harus dioperasi menggunakan laser, ” bebernya.

Sementara itu, Intan sebagai PIC BPJS dan Koordinator Casemix Rumah Sakit Mitra menjelaskan, terkait dengan palayanan laser untuk penyakit batu empedu, untuk saat ini memang belum ada.

dulu sempat ada dokter Rizal spesialis konsultan bedah digestif namun beliau sudah tidak disini lagi dan beliu merupakan dokter bedah dengan cara di open atau di buka.

“Kalau untuk operasi menggunakan laser terkait dengan sakit bantu empedu, sepertinya sampai saat ini di Rumah Sakit yang ada di Jambipun belum ada yang melakukan,” tambahnya.

“Kecuali penyakit urologi dibagian kandung kemih seperti batu ginjal itu bisa dilakukan di rumah sakit mitra, dengan menggunakan alat ESWL namun sampai saat ini kita belum di approve dari BPJS Kesehatan, dan kemungkinan di bulan Januari sudah bisa digunakan karena sudah mendapatkan approve dari BPJS Kesehatan,”tutupnya.

Sumber: Tribun Jambi




RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular