Tuesday, July 23, 2024
HomeCrimePolisi Denpasar Sisir Nopol Negara Asing, Tindak 20 WNA Selama Razia

Polisi Denpasar Sisir Nopol Negara Asing, Tindak 20 WNA Selama Razia

bali.jpnn.com, DENPASAR – Ulah sebagian turis asing nekat berkendara di jalanan Pulau Bali dengan menggunakan nomor polisi (nopol) negara asing, viral di berbagai platform media sosial beberapa hari terakhir.

Kejadian ini memaksa kepolisian Denpasar Bali bergerak melakukan penelusuran, menggencarkan patroli dan razia kendaraan.

Sasarannya adalah kawasan wisata, tidak terkecuali daerah Kuta yang menjadi kampung turis.

“Selama 12 hari ini Polresta Denpasar dan jajaran menerapkan tilang secara manual untuk pelanggaran yang tidak tercapture ETLE, seperti penggunaan knalpot brong, TNKB tidak sesuai aturan dan kelengkapan kendaraan lainya,” ujar Kapolresta Denpasar Kombes Bambang Yugo Pamungkas.

Menurutnya, Polresta Denpasar dan jajaran sudah mengeluarkan 280 tilang dengan perincian WNA 20 orang dan 260 tilang kepada WNI baik warga lokal maupun yang sedang berlibur di Bali.

Untuk pelanggaran yang dilakukan WNA lebih dominan pelanggaran tanpa helm 11 orang, tanpa TNKB  empat orang, melanggar rambu lalu lintas dua dan tanpa kelengkapan kendaraan  tiga orang.

Pelanggaran tilang yang dikenakan untuk WNI, dari data yang ada terdiri dari pelanggaran tanpa helm 124 orang, tanpa TNKB 40 orang, tanpa kelengkapan kendaraan (knalpot brong) 74, tanpa SIM delapan dan melanggar rambu lalu lintas 14 orang.

Barang bukti yang berhasil diamankan unit tilang, yaitu motor 38, SIM 48 dan STNK 194.

“Melihat perkembangan lalu lintas di wilayah Kuta dan Kuta Selatan, kita melakukan penertiban terhadap beberapa kendaraan bermotor, utamanya kendaraan yang menggunakan pelat nomor yang tidak sesuai dengan aturan,” kata Kombes Bambang.

Menurutnya, nomor polisi merupakan dasar dari penerapan ETLE agar tercapture oleh tilang.

Untuk pelanggaran yang tercapture oleh ETLE, meliputi tanpa helm, melanggar marka jalan dan rambu lalu lintas.

“Kegiatan ini kita lakukan serentak secara kontinu baik yang stasioner maupun mobiling yang dilakukan setiap hari, demi keselamatan kita bersama dan khususnya bagi para wisatawan,” papar Kombes Bambang.

Kombes Bambang mengimbau kepada pengendara motor maupun mobil agar tetap mematuhi peraturan berlalu lintas demi kepentingan pengendara sendiri.

Source: JPNN

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular