Wednesday, May 22, 2024
HomeIndonesiaNegara Mirip dengan Indonesia, Ada Suriname dan Madagaskar

Negara Mirip dengan Indonesia, Ada Suriname dan Madagaskar


Indonesia rupanya memiliki banyak kesamaan pada negara-negara lain, pada belahan bumi yang berbeda. 

Bahkan kemiripanya terbilang cukup identik, dari mulai suku hingga bahasa hingga nenek moyangnya, penasaran? Simak ulasannya berikut ini. 

Negara Mirip dengan Indonesia 

1. Kaledonia 

Sama seperti Suriname, kemiripan Kaledonia Baru dengan Indonesia adalah keberadaan suku Jawa. 

2. Monako 

Monako adalah sebuah negara kota yang terletak di pesisir Laut Mediterania dan dikelilingi oleh wilayah Prancis. 

Meski berada di Eropa, negara ini juga memiliki kemiripan dengan Indonesia. Itu karena warna benderanya yang mirip dengan Indonesia. 

Sebagaimana diketahui, bendera negara Monako adalah Merah Putih. Meski begitu ada perbedaan dengan bendera Merah Putih Indonesia. 

Perbedaan itu terletak dalam ukurannya di mana bendera Indonesia memiliki rasio lebar dan panjang adalah 2:3 sehingga tampak lebih panjang dan ramping. Sementara bendera Monako memiliki rasio 4:5 sehingga bentuknya hampir mendekat persegi. 

3. Madagaskar 

Negara ini terletak di lepas pantai timur Afrika. Pulau ini merupakan pulau terbesar keempat di dunia dan terletak di Lautan Hindia. 

Madagaskar memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. Namun tahukah Anda jika nenek moyang Madagaskar berasal dari Indonesia? Menurut hasil penelitian studi Murray Cox dari Massey University di Selandia Baru, dahulu 30 wanita pertama yang mendarat di pulau ini berasal dari Indonesia. 

Mereka tiba pada abad ke-9 Masehi dan membentuk koloni suku Malagasi hingga kini terus bertambah mencapai 26,9 juta jiwa dan beribukota di Antananarivo. 

4. Suriname 

Suriname secara tidak langsung memiliki ikatan emosional dengan Indonesia. Kemiripan negara yang terletak di Amerika Selatan ini dengan Indonesia adalah keberadaan suku Jawa. 

Populasi suku Jawa di negara ini cukup besar. Hampir 15 persen dari 618.000 penduduk negara itu berasal dari orang Indonesia. 

Bahkan bahasa Jawa Using adalah salah satu bahasa resmi negara itu Wajar saja karena negara ini dulunya adalah bekas jajahan Belanda dan menurut catatan pada 1890-1939 sekitar 33.000 orang Jawa bermigrasi ke Suriname. 

Pada 2015 silam, salah satu calon presiden di negara yaitu Raymond Sapoen adalah keturunan Jawa asal Banyumas. 

Sumber: Celebrities.id

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular