Saturday, June 22, 2024
HomePolitikKIB Dinilai Lebih Potensial Usung Erick Thohir Ketimbang Airlangga

KIB Dinilai Lebih Potensial Usung Erick Thohir Ketimbang Airlangga

Liputan6.com, Jakarta – Pengamat Politik Ujang Komarudin mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) lebih memilih Menteri BUMN Erick Thohir untuk diusung ketimbang dengan kandidat calon wakil presiden (cawapres) lainnya. Kandidat cawapres lainnya ini di antaranya adalah yang sering diperbincangkan masuk dalam radar KIB yakni Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Menparekraf Sandiaga Uno.

“KIB mengarah kepada Pak Erick Thohir, ada kedekatan dengan PAN dan PPP, maka tadi yang muncul bukan nama Airlangga cawapresnya atau nama-nama lain, tapi Pak Erick Thohir,” terang Ujang kepada wartawan, Kamis (9/3/2023).

Di samping itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini melihat Erick Thohir merupakan cawapres yang sangat fleksibel. Ia berpotensi untuk diusung sebagai cawapres dari dua kandidat capres potensial.

Dua capres potensial ini adalah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

“Skema Pak Erick itu kan kalau tidak bisa jadi cawapresnya Ganjar bisa jadi Prabowo,” ujar Ujang.

Terakhir, ia mengatakan Erick Thohir mendapatkan dukungan dari Presiden Jokowi. Seperti diketahui orang nomor satu di Kementerian BUMN ini adalah menteri terbaik serta andalan Presiden Jokowi di pemerintahan.

Berbagai penugasan dari Presiden Jokowi berhasil diselesaikan oleh Erick Thohir dengan penuh keberhasilan. Baik penugasan profesional maupun personal.

“Tapi saya melihatnya adanya dukungan dari kekuasaan, Pak Jokowi ya,” pungkas Ujang.

Erick Thohir Bekerja Cepat

ounder Ganjarist, Mazdjo Pray menilai bahwa Menteri BUMN Erick Thohir merupakan figur pemimpin yang terbukti mampu bekerja cepat untuk rakyat Indonesia. Menurut dia, Erick Thohir tidak perlu menunggu keluhan dari masyarakat, tapi langsung memberikan solusi ketika ada yang dianggap tak baik. 

“Pak Erick ini di kabinet membawa energi ya. Dia memang kerja cepat, dia tidak bisa menunggu masyarakat itu harus ngeluh dulu,” ujar Mazdjo dalam keterangan tertulis, Rabu (8/3/2023).

Pegiat media sosial ini menuturkan, bukti Erick Thohir bekerja cepat untuk rakyat bisa dilihat dari tingginya kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut.

Jokowi kerap memberikan kepercayaan kepada Erick Thohir menangani berbagai persoalan penting dan genting yang dialami bangsa Indonesia. Seperti ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan berdampak pada terpuruknya ekonomi nasional.

Erick Thohir langsung bergerak cepat sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN). Ia langsung mendatangkan jutaan vaksin Covid-19 dari berbagai negara, sehingga bisa menyukseskan program vaksinasi nasional.

Kini Indonesia bahkan sudah bisa memproduksi vaksin Covid-19 sendiri berkat kepiawaian Erick Thohir dalam memimpin. Di samping itu, masyarakat yang terdampak secara ekonomi juga dibantu untuk mendirikan usaha dengan menggalakkan program KUR, Mekaar, dan Makmur.

Source; Liputan6

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular