Friday, April 19, 2024
HomeBeritaIndonesia Tempat Mutasi Covid Tercepat di Bumi

Indonesia Tempat Mutasi Covid Tercepat di Bumi


Ternyata Indonesia menjadi tempat bagi virus Covid-19 dengan mutasi paling cepat.

India Economic Times yang melaporkan bahwa sebuah penemuan dari peneliti mengidentifikasi varian Covid-19 baru di RI yang memiliki 113 mutasi unik. Jumlah itu tidak sebanding dengan varian mematikan Omicron, yang hanya memiliki 50 mutasi.

“Virus Covid ‘varian paling bermutasi’ ditemukan di Indonesia,” tulis headline India Economic Times beberapa saat lalu, dikutip Kamis (17/8/2023) itu akhir pekan.

Mirror, juga mengungkapkan penemuan serupa. Varian ini merupakan jenis turunan Delta dan ditemukan setelah melakukan uji swab terhadap salah satu pasien di Jakarta.

“(Sebanyak) 37 dari 113 mutasi yang dimiliki varian ini mempengaruhi protein lonjakan virus, yang ditemukan di permukaan virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19,” lapor kantor berita itu.

Sementara itu, Daily Mail telah menanyakan langsung kepada Profesor Lawrence Young, seorang ahli virologi di Universitas Warwick.

Ia mengatakan saat ini belum diketahui secara pasti apakah apakah jenis yang baru ditemukan itu memiliki kemampuan untuk menginfeksi orang lain dengan pesat.

“Virus ini terus mengejutkan kita dan berpuas diri itu berbahaya. Ini menyoroti masalah hidup dengan virus,” paparnya.

“Ketika virus menyebar dan terus bermutasi, itu pasti akan mengakibatkan infeksi serius pada yang paling rentan dan juga akan meningkatkan mereka yang menderita beban akibat infeksi jangka panjang,” tambahnya.

Pemerintah sendiri telah mencabut status pandemi sejak Juni dan mencanangkan endemi setelah mempertimbangkan angka konfirmasi harian yang mendekati nihil.

“Hasil Serosurvei menunjukkan 99% masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi Covid-19. WHO (World Health Organization) juga telah mencabut status public health emergency of international concern,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) kala itu dikutip dari setneg.go.id.

“Walaupun demikian, saya meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati serta terus menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih,” ia menambahkan.

Sumber: CNBC Indonesia

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular