Sunday, April 14, 2024
HomePemilu 2024Cawapres Fleksibel, Erick Thohir Bisa Dipasangkan dengan Prabowo atau Ganjar

Cawapres Fleksibel, Erick Thohir Bisa Dipasangkan dengan Prabowo atau Ganjar

Liputan6.com, Jakarta – Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir masih terus menghiasi bursa Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024. Latar belakangnya yang bukan berasal dari partai politik (parpol) membuat Erick Thohir mudah dipasangkan dengan figur Calon Presiden (Capres) manapun. 

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menuturkan bahwa Erick Thohir merupakan cawapres yang sangat fleksibel. Ia berpotensi diusung sebagai cawapres dari dua kandidat capres potensial, yakni Menteri Pertahanan sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Skema Pak Erick itu kan kalau tidak bisa jadi cawapresnya Ganjar, bisa jadi Prabowo,” ujar Ujang dalam keterangan tertulis, Kamis (9/3/2023).

Selain itu, Erick Thohir juga memiliki kedekatan dengan sejumlah ‘King Maker’ Pilpres 2024, salah satunya yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Saya melihatnya adanya dukungan dari kekuasaan, Pak Jokowi ya,” ucap Ujang.

Erick Thohir memang dikenal sebagai salah satu menteri andalan Presiden Jokowi. Berbagai penugasan dari Presiden Jokowi berhasil diselesaikan Erick Thohir, mulai dari penanganan pandemi Covid-19, pemulihan ekonomi nasional, hingga urusan sepakbola Indonesia.

Bahkan Erick Thohir juga berhasil menunaikan penugasan personal dari Jokowi saat menikahkan putra bungsunya Kaesang Pangarep.

Erick Thohir Punya Kans Besar Diusung KIB

Lebih lanjut, Ujang juga mengungkapkan bahwa Erick Thohir punya kans besar diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sebagai cawapres, ketimbang kandidat lainnya. Apalagi mantan Presiden Inter Milan ini memiliki hubungan yang sangat dekat dengan dua parpol anggota KIB, yakni PAN dan PPP.

Keduanya telah memberikan lampu hijau agar Erick Thohir diusung pada kontestasi demokrasi mendatang. 

“KIB mengarah kepada Pak Erick Thohir, ada kedekatan dengan PAN dan PPP, maka tadi yang muncul bukan nama Airlangga cawapresnya atau nama-nama lain, tapi Pak Erick Thohir,” ucap Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini.

Source: Liputan6

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular