Saturday, April 20, 2024
HomeBeritaTol Sumatera Tahap 1-2 Masih Butuh Rp30 T, Prioritas Pekanbaru-Medan-Padang

Tol Sumatera Tahap 1-2 Masih Butuh Rp30 T, Prioritas Pekanbaru-Medan-Padang


Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo optimistis ruas utama Tol Trans Sumatera-Jambi tahap 1 dan 2 tersambung pada akhir 2024. Sementara proses lanjutannya dilakukan pada pemerintahan mendatang.

“Kalau tahap 1 dan 2 ke Jambi itu sampai 2024 akhir, yang ketiga dan keempat itu pemerintahan baru,” ujar Wamen yang biasa disapa Tiko usai penandatanganan transaksi investasi PT Hutama Karya dan INA di Jakarta, kemarin.

Tiko menyebut, ruas utama yang menjadi prioritas adalah Pekanbaru ke Medan. Selain itu, akan ada beberapa jalan tol sayap di Padang.

PT Hutama Karya atau HK (Persero) masih terus ditugaskan untuk membangun ruas Betung-Jambi. Tiko berharap hal ini dapat diselesaikan sesuai amanat Presiden Joko Widodo pada akhir 2024.

“Jadi, harapannya Pak Presiden, nanti akhir 2024 bisa tulangnya itu, dari Bakauheni sampai Jambi,” kata Tiko.

Terkait pembiayaan, dia menyebutkan bahwa untuk pembangunan tahap 1 dan 2 masih dibutuhkan dana sebesar Rp 30 triliun dari Penyertaan Modal Negara (PMN).

Namun demikian, dia menyampaikan bahwa tidak menutup kemungkinan jika pendanaan ini melalui availability payment atau skema pembangunan infrastruktur dengan cara bekerja sama dengan swasta.

Baca Juga: Bertemu Jokowi, Ketua DPD RI Sampaikan Perlunya Kembali ke UUD Rumusan Pendiri Bangsa
“Kalau tahap satu dan dua yang sudah dihitung, kita masih butuh PMN mungkin sekitar Rp30 triliun lagi. Tapi sisanya tidak harus PMN ya, kita lagi cek dari sisi availibility payment (AP),” katanya.

Jalan Tol Trans Sumatera akan menghubungkan dari Aceh melalui 24 ruas jalan berbeda yang panjang keseluruhannya mencapai 2.704 kilometer dan direncanakan beroperasi penuh pada 2024.

Ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan salah satu ruas jalan tol terpanjang di Indonesia yang membentang sepanjang 141 kilometer.

Hingga saat ini (13/7/2023), pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Tahap I oleh Hutama Karya sepanjang ±957 km, dengan ruas tol konstruksi 349 km dan ruas tol operasi 453 km.

Adapun ruas yang telah beroperasi secara penuh yang dikelola Hutama Karya, di antaranya Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189 km), Tol Palembang – Indralaya (22 km), Tol Pekanbaru – Dumai (131 km), Tol Sigli Banda Aceh Seksi 2 – 6 (50 km) serta Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (12 km), Tol Bengkulu – Taba Penanjung (18 km) dan Tol Pekanbaru – Bangkinang (31 km).

Sumber: Padek

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular