Wednesday, May 22, 2024
HomeGlobal NewsTak Hanya Lampung, Kondisi Jalan di Jambi Juga Rusak Parah Sejak Lama

Tak Hanya Lampung, Kondisi Jalan di Jambi Juga Rusak Parah Sejak Lama

Jalan rusak tidak hanya terjadi di Lampung. Jalan Lintas Jambi-Nipah Panjang di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, sudah rusak selama bertahun-tahun. Bahkan, kerusakannya tampak lebih parah daripada jalan di Lampung. 

Tidak hanya berlubang, jalan juga tampak seperti kubangan berlumpur yang sangat menyulitkan para pengendara yang melintas. Kondisi jalan akan semakin parah dan sulit dilalui ketika musim hujan datang. Kemacetan parah pun sering kali tak terhindarkan.

Warga bersama perangkat desa dan petugas kepolisian berinisiatif bergotong royong untuk memperbaiki jalan agar bisa dilalui kendaraan. Namun, upaya itu hanya terbatas pada penggunaan batang kelapa di tempat berlubang.

Di lokasi lain, puluhan mobil di Enrekang, Sulawesi Selatan, terjebak kemacetan selama 12 jam. Hal itu terjadi akibat amblesnya jalan usai diguyur hujan lebat.

Selain membuat macet, kondisi jalan ini juga mengakibatkan mobil ambulans tidak bisa melintas. Sehingga seorang pasien terpaksa digotong keluar ambulans untuk kemudian dibawa dengan menggunakan sepeda motor ke rumah sakit terdekat.

Kondisi jalan yang ambles dan berlumpur setiap turun hujan itu telah beberapa kali mengakibatkan kecelakaan, hingga mobil terbalik. Namun hingga kini belum ada perbaikan secara menyeluruh.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa perbaikan sejumlah jalan rusak di Lampung akan diambil alih oleh pemerintah pusat. Alasannya karena sudah begitu lama kondisi jalan dalam keadaan rusak. Hal ini disampaikan usai Jokowi meninjau kondisi jalan Lampung yang sempat viral di media sosial.

Menanggapi hal ini, pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio mengatakan presiden seharusnya tidak hanya memberikan dispensasi hanya pada Lampung. Sebab kondisi jalan rusak tidak hanya terjadi di Lampung.

Jambi dan Enrekang hanya sebagian kecil contoh jalan rusak daerah yang belum mendapatkan perhatian dari pemerintah. Sejumlah masyarakat pun memilih jalur ‘viral’ agar jalan rusak bisa segera ditangani. Lalu apakah daerah lain juga akan mendapatkan keistimewaan seperti Lampung?

Sumber : Metrotvnews

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular