Friday, April 19, 2024
HomeBencana AlamSoal Bencana Longsor di Natuna, Ini Kata BMKG Klaim Sudah Berikan Peringatan...

Soal Bencana Longsor di Natuna, Ini Kata BMKG Klaim Sudah Berikan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengklaim bahwa telah memberikan peringatan dini, cuaca ekstrem sejak 28 Februari 2023 sebelum kejadian bencana longsor di Serasan, Natuna pada 6 Maret 2023.

“Sampai hari ini BMKG terus memonitor perkembangan cuaca dan berikan prakiraan serta peringatan dini. Sebagaimana yang terjadi bencana pada tanggal 6 Maret, sejak tanggal 28 Februari dan disampaikan peringatan dini beberapa kali setiap hari. Kemudian setelah terjadi bencana pun ada beberapa peringatan dini,” kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati saat Konferensi Pers, Kamis (9/3/2023).

Sementara itu, Dwikorita mengatakan, pihaknya memprakirakan sampai 3 hari kedepan di wilayah Natuna masih berpotensi hujan namun dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Kami memperkirakan bahwa sampai 3 hari kedepan masih berpotensi hujan, namun intensitasnya mulai menurun yaitu intensitas ringan sampai sedang, tidak seperti saat kejadian bencana itu ekstrem intensitasnya, lebat, dan bahkan ekstrem dan kejadiannya selama beberapa hari terus menerus,” sambungnya.

Lebih lanjut, Dwikorita mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi beberapa hari sebelum kejadian bencana longsor di Natuna menyebabkan debit air yang tersimpan di dalam tanah cukup tinggi.

“Memang sampai tadi kami ke lapangan, air yang terjebak di dalam lereng meskipun tidak ada hujan, itu airnya tuh masih mengalir cukup debitnya cukup tinggi. Artinya memang air yang tersimpan meresap di dalam tanah, pada lereng ini memang sangat kuat, mendesak, sehingga longsorannya pun sangat panjang dan luas karena tadi dipicu oleh intensitas hujan yang lebat hingga ekstrem dan turunnya cukup lama,” katanya.

Source: Okezone

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular