Saturday, June 22, 2024
HomeGlobal NewsRekomendasi 5 Tempat Wisata Favorit di Kota Jambi, Paling Ramai Dikunjungi saat...

Rekomendasi 5 Tempat Wisata Favorit di Kota Jambi, Paling Ramai Dikunjungi saat Liburan

Oke Jambi – Bagi anda yang berasal dari luar daerah dan berkunjung ke Kota Jambi untuk mengisi kegiatan liburan, rasanya tidak afdol jika belum mengunjungi sejumlah tempat wisata di Kota Jambi.

Sebagai Kota jasa dan perdagangan, Kota Jambi juga menyuguhkan sejumlah icon unggulan yang menjadi tempat favorit untuk beriwisata, baik dengan teman, pasangan, maupun keluaraga.

Berikut rekomendasi lima tempat wisata favorit di Kota Jambi untuk mengisi kegiatan liburan anda :

1. Tugu Keris Siginjai

Icon wisata Tugu Keris Siginjai terletak di pusat perkantoran Wali Kota Jambi, tepatnya di Paal Lima, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi.

Sebelum dipugar, monumen ini bernama Tugu Monas. Kemudian pada tahun 2018 oleh Walikota Jambi, Syarif Fasah, tugu monas dirubah menjadi tugu Keris Siginjai.Tinggi keseluruhan Tugu Keris Siginjai sekitar 28 meter. Keris Siginjai menjadi lambang mahkota kerajaan Jambi dahulu kala sekaligus lambang pemersatu rakyat Jambi.

Kawasan Tugu Keris Siginjai menjadi wilayah Car Free Night (CFN) pada Sabtu malam, dan Car Free Day pada hari Minggu, menjadi tempat rekreasi olahraga terutama senam.

Kawasan ini juga diramaikan dengan pedagang kaki lima, pertunjukkan, atraksi, pentas seni, belajar melukis, dan sejumlah wahan hiburan lainnya.

2. Kampoeng Radja

Kampoeng Radja berlokasi di Jalan Lingkar Barat No.108, Kenali Besar, Simpang Rimbo, Kota Jambi

Wisata yang satu ini cukup populer dan ramai dikunjungi setiap momen liburan. Di dalamnya terdapat beragam wahana permainan menarik, seperti :

  • Sepeda Air, terdapat dua jenis sepeda air, yakni yang berbahan kayu dan berbahan fiber. Wahana Sepeda air ini berkapasitas untuk dua orang dewasa dan satu anak kecil.
  • Buggy Car, sejenis permainan mobil dengan kapasitas empat orang,
  • Kiddy Land, wahan ini terdapat dua keseruan yang bisa kalian coba, Flying Fox dan Convoy Pirates.
  • Jasmine Water Park, adalah wahana bermain dengan tema air. Selain itu tempat ini juga cocok untuk menguji adrenalin. Ada lintasan flying fox ini mencapai sekitar 100 meter dan melewati Danau Kampung Rajo.

3. Genatla Arasy

Gentala Arasy terletak di Kelurahan Arab Melayu, Pelayangan, Kota Jambi. Menara jam ini mempunyai tinggi 80 meter. Di dalamnya terdapat museum kebudayaan Jambi.

Nama Gentala Arasy berasal dari tiga kata yaitu genta yang berarti suara, tala yang berarti keselarasan, dan arasy yang berarti menggema ke langit.

Selain itu, Gentala Arasy juga merupakan akronim dari Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayoeti, merupakan Gubernur Jambi yang jabat pada tahun 1989-1999.

Gentala arasy juga dilengkapi dengan Jembatan Pedestrian (Jembatan Gentala Arasy). Jembatan ini menghubungkan Tepian Tanggo Rajo ke Jambi Kota Seberang.

Jembatan Gentala Arasy dengan panjang 503 meter dan lebar 4,5 meter ini, diresmikan pada Maret 2015 yang diresmikan secara langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.


4. Danau Sipin

Danau sipin atau yang biasa disebut oleh masyarakat jambi dengan nama “solok sipin” (Solok = Danau) berlokasi di Kecamatan Telanai Pura, Kota Jambi, Jambi.

Danau Sipin memiliki pemandangan yang sangat eksotis dan alami, dibalut dengan perahu tradisional masyarakat sekitar, menjadi daya tarik tersendiri untuk memanjakan mata.

Anda juga bisa berkeliling di danau dengan menggunakan perahu-perahu cantik, cukup membayar Rp 5.000 per orang, anda sudah bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu yang maksimal berisi 3-4 orang tersebut.

5. Museum Siginjei

Museum Siginje Terletak di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sungai Putri, Kota Jambi. Pada saat liburan Museum Siginjei ramai dikunjungi.

Museum ini didirikan oleh Gubernur Jambi pada tahun 1981 bernama Masjchun Syofwan.
Berbagai koleksi yang berhubungan dengan arkeologi dan geologi ada di Museum ini.

Museum ini buka pada jam setengah 8 pagi di hari kerja dan tutup pada jam 4 sore. Sedangkan di hari libur museum akan tutup pada jam 12 siang.

Itu lah lima rekomendasi wisata favorit di Kota Jambi.

Sumber: Oke Jambi

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular