Tuesday, July 23, 2024
HomeIndonesiaPemprov Jambi Siapkan Langkah-Langkah Kongkrit Antisipasi Karhutla

Pemprov Jambi Siapkan Langkah-Langkah Kongkrit Antisipasi Karhutla


Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi sudah menyiapkan langkah-langkah kongkrit dalam penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)di wilayah Provinsi Jambi.

Menurut Sekda Provinsi Jambi, Sudirman Pemprov Jambi telah mengirimkan surat ke BNPB untuk minta bantuan helikopter.

“Kita sudah berkirim surat ke BPNB untuk meminta bantuan Helikopter. Selain heli, kita juga sudah berkirim surat untuk meminta peralatan-peralatan yang dibutuhkan dalam rangka mengantisipasi Karhutla. Dan surat sudah kita kirimkan ke BPNB,” katanya.

Tak hanya itu, Sekda juga menyampaikan akan melakukan pengecekan alat-alat yang dimiliki pihak swasta dan Pemkab.

“Hasil rakor kemarin kita akan mengecek alat pemadam. Termasuk juga punya Manggala Agni, TNI dan Polri yang punya alat pemadam itu diupayakan harus dicek betul-betul,” sebutnya.

Sudirman menegaskan bahwa langkah antisipasi karhutla ini juga dibarengi dengan upaya pencegahan melalui sosialisasi yang dimana meminta masyarakat untuk membuka lahan tanpa bakar.

“Kita juga melakukan penempatan personel baik itu Manggala Agni, Dinas Kehutanan, TNI, Polri dan BPBD di lokasi yang rawan,” tegasnya.

Sekda mengingatkan kembali kepada petugas untuk rutin melakukan patroli. Sebetulnya titik areal kebakaran itu ada Londrang, Sadu, Muara Kumpe dan perbatasan antara Jambi dan Sumatera Selatan.

“Kalau misalnya terjadi Karhutla di wilayah perbatasan maka potensinya mengganggu penerbangan,” tuturnya. 

Sumber: Jamberita

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular