Friday, June 21, 2024
HomeBeritaPemkot Jambi Salurkan 204 Ribu Liter Bantuan Air Bersih Selama Lima Hari

Pemkot Jambi Salurkan 204 Ribu Liter Bantuan Air Bersih Selama Lima Hari


Pemerintah Kota Jambi telah menyalurkan 204 ribu liter bantuan air bersih kepada masyarakat setempat yang mengalami kekeringan sumber air bersih akibat musim kemarau.
 
Kadis Kominfo Kota Jambi Abu Bakar di Jambi, Minggu, mengatakan bantuan telah menjangkau puluhan RT di beberapa kelurahan dan kecamatan dalam wilayah Kota Jambi.
 
“Total 204.000 liter air bersih yang disalurkan ke 47 titik lokasi diseluruh wilayah Kota Jambi,” katanya.
 
Saat ini distribusi air bersih masih dilaksanakan sepenuhnya oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Mayang Kota Jambi. Untuk unit dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan damkar masih siaga jika ke depan dibutuhkan mendukung operasi bantuan air bersih.
 
Sejak dicanangkan oleh Wali Kota Jambi beberapa waktu lalu, banyak warga yang menghubungi Tim Satgas untuk mendapat distribusi air bersih. Tim Perundam Tirta Mayang langsung bergerak mengirimkan air bersih menggunakan 3 unit mobil tangki air.
 
Aksi cepat tanggap tersebut memang dilakukan oleh Wali Kota Jambi untuk merespon keluhan masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih akibat kemarau panjang yang melanda Kota Jambi. 
 
Bantuan air bersih ini tidak hanya ditujukan bagi pelanggan PDAM Tirta Mayang yang terdampak, tapi diberikan gratis bagi semua warga Kota Jambi yang membutuhkan. 
 
Wali Kota Jambi Syarif Fasha menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan program tersebut dengan baik. Selanjutnya dikatakan bahwa bahwa operasi akan terus berlangsung hingga batas yang belum ditentukan.
 
“Operasi belum kami tentukan sampai kapan, namun akan kita evaluasi terus efektivitasnya,” katanya.
 
Kota Jambi mengalami kemarau panjang tahun ini. Masyarakat diberbagai wilayah di Kota Jambi pun cukup terdampak. Sumber air bersih masyarakat banyak mengering. Begitu pula muka air Sungai Batanghari mengalami pendangkalan. Sebagai air baku Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi, kondisi ini cukup mempengaruhi kapasitas produksi perusahaan air minum Kota Jambi itu.
 
Sebelumnya, Direktur Utama Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi Dwike sampaikan bahwa pihaknya akan membuka layanan pengaduan melalui nomor khusus dan operasi ini akan terus berjalan kedepannya melayani masyarakat.
 
Merespon permintaan masyarakat yang terdampak musim kemarau dan banyaknya sumber persediaan air yang mengering, Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi dengan arahan Pemerintah Kota Jambi siap membantu warga yang membutuhkan air bersih.
 
Warga yang membutuhkan pengiriman air dengan mobil tangki agar menghubungi nomor WhatsApp 0821 2121 9692 dan berkoordinasi dengan RT, Lurah dan Camat, serta menyiapkan wadah penampung air di depan rumah.

Sumber: Antara Jambi

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular