Friday, May 17, 2024
HomeBeritaPemkot Jambi Gelar Festival Sedekah Bumi Tanjung Sari

Pemkot Jambi Gelar Festival Sedekah Bumi Tanjung Sari


Pemerintah Kota Jambi kembali menggelar Festival Sedekah Bumi Tanjung Sari sebagai gelaran budaya yang berakar pada tradisi masyarakat yang disambut antusias masyarakat setempat.

Festival ini diselenggarakan di area persawahan RT 24 Kelurahan Tanjung Sari Jambi Timur. Festival yang kini masuk menjadi agenda tetap kalender wisata Kota Jambi itu diawali dengan semarak rangkaian arakan nasi tumpeng, panen padi sawah dan makan bersama ditengah sawah.

Wakil Wali Kota Jambi Maulana dalam keterangan resmi yang diterima di Jambi, Minggu, mengatakan apresiasinya kepada seluruh peserta dan masyarakat yang begitu antusias menyemarakkan agenda wisata Kota Jambi itu. Maulana berharap gelaran tersebut terus dilestarikan kedepannya, sebagai salah satu agenda wisata budaya unggulan di Kota Jambi.

“Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak dan masyarakat, karena ini cukup unik dan langka,” katanya. 

Di tengah Kota Jambi, ada kegiatan wisata bersawah, sedekah bumi, sebagai wujud syukur atas hasil bumi yang dihasilkan selama setahun. Mudah-mudahan ini berlangsung terus ke depannya.

Maulana juga berharap, dengan dijadikannya sebagai agenda tahunan wisata, lokasi festival tersebut juga terus dapat berbenah agar makin menarik pengunjung dan skala promosi kegiatannya meluas hingga keluar Kota Jambi.

Ke depan ini menjadi perhatian Pemkot Jambi untuk membenahi lokasi ini agar lebih representatif. Irigasinya agar diperbaiki kembali, agar petani dapat panen lebih dari sekali dalam setahun. Akses jalan kembali diperlebar serta sarana lainnya dilengkapi.

Pemkot Jambi saat ini memang serius dalam meningkatkan daya tarik dan promosi wisata Kota Jambi. Dengan rutin menggelar beragam agenda wisata yang kental dengan nuansa adat, budaya dan agama, diharapkan dapat memancing minat wisatawan untuk berkunjung di Kota Jambi.

Dalam arakan, tampak semua peserta festival mempertontonkan beragam kreasi nasi tumpeng yang disajikan secara unik. Ada yang ditandu menggunakan wadah khusus berbentuk rumah, ada yang berbentuk tugu keris, ada yang tampil dengan rupa warna dan aneka kreasi menarik lainnya. 

Para penandu atau pembawa nasi tumpeng pun tidak mau kalah, tampil dengan beragam warna balutan busana adat melayu Jambi, yang menambah semarak kekhasan nuansa adat budaya Melayu Kota Jambi.

Selain festival ini, Pemkot Jambi juga memiliki agenda rutin kalender wisata Kota Jambi antara lain, Haul Pengeran Wirokusumo dan Haul Tuanku Keramat Tambak, Festival Cap Go Meh Kota Jambi, Pemilihan Bujang Gadis Kota Jambi, Festival Sedekah Bumi Tanjung Sari, Festival Muharram, Pekan Beselang Anak Negeri Kelurahan Eka Jaya, Penampilan Seni Melayu, Festival Kuliner Danau Sipin, Lomba Pacu Perahu dan Ketek Hias, Festival Takbir Keliling Kota Jambi, Festival Layang-layang, Carnaval Angso Duo, dan Festival Bonsai.

Sumber: Antara Jambi

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular