Thursday, April 18, 2024
HomeGlobal NewsMakanan Khas Ini Wajib Kamu Coba Ketika Berkunjung ke Sumatra Utara No...

Makanan Khas Ini Wajib Kamu Coba Ketika Berkunjung ke Sumatra Utara No 8 Kabarnya Santapan Raja Raja

Makanan khas Sumatera Utara berkisar dari makanan berat hingga camilan lezat. Selain makanan enak yang tentunya juga bisa kamu makan di tempat, kamu juga bisa menyiapkan jajanan khas Sumut sebagai Oleh-oleh, contohnya Bika Ambon yang sudah terkenal.

Sumatera Utara adalah salah satu provinsi yang dihuni oleh berbagai suku seperti Batak, Nias, Siladang dan Melayu dan menawarkan berbagai masakan yang akan menggugah selera Anda. Makanan khas Sumatera Utara dipengaruhi oleh suku-suku yang tinggal di daerah tersebut.

Tentunya makanan khas Sumatera Utara wajib Anda coba saat berkunjung. Selain itu, sebagai ibu kota provinsi Sumatera Utara, Medan merupakan salah satu kota utama di Indonesia yang cukup sering dikunjungi.

Tentunya hal ini tidak lepas dari peluang wisata dan kuliner Sumut.

1. Bika Ambon
Bagi yang belum tahu, mungkin makanan ini berasal dari Ambon. Padahal, Bika Ambon adalah makanan khas Sumatera Utara. Bika Ambon pertama kali dibuat di Jalan Ambon Kota Medan. Dibuat dengan bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, Bika Ambon dikenal luas di Indonesia.

Setelah bahan dicampur, bahan Bika difermentasi selama tujuh jam sambil dicampur sarinya. Sensasi airnya yang berair inilah yang membuat masakan ini begitu unik di Sumatera Utara.

2. Anyang Pakis
Anyang Pakis merupakan makanan khas dari Sumatera Utara, tepatnya dari daerah Asahan. Hidangan ini dibuat dengan pakis yang telah diolah dengan kelapa bakar dan rempah-rempah seperti daun jeruk, cabai merah, serai, bawang merah dan kencur. Sepintas, Anyang Pakis mirip dengan urap Jawa, bedanya menggunakan kelapa bakar, mirip serundeng.

3. Mie Gomak
Makanan khas Sumatera Utara berikutnya adalah mie gomak. Mie ini terbuat dari mie yang sering disebut mie lidi atau dikenal orang Batak dengan sebutan mie besar. Orang Batak menyebut masakan ini mie gomak karena dibuat dengan cara digomak (dipegang dengan tangan).

Mie rebus biasanya diolah secara terpisah dengan kuah dan sambalnya. Meski banyak variasi untuk mengolah makanan khas Batak ini, ada yang menggunakan kuah, ada pula yang diolah menjadi mi goreng. Rasanya sangat unik ketika Mie Gomak dicampur dengan bumbu khas negeri Batak, yaitu andaliman.

4. Sambal Tuktuk
Sambal Tuktuk merupakan makanan khas Sumatera Utara dari daerah Tapanuli. Di daerah asalnya, sambal tuktuk dicampur dengan ikan aso-aso (sejenis ikan kembung kering). Namun, jika ikan ini tidak tersedia, anda bisa menggantinya dengan ikan teri segar.

Padahal bahannya hampir sama dengan bahan sambal pada umumnya. Namun keberadaan andaliman membedakannya dengan sambal lain, juga dari segi rasa. Bahan-bahan seperti bawang merah, andaliman, kemiri dan bawang bombay bisa disangrai hingga harum. Kemudian semua bahan dibersihkan dan ditambahkan ke ikan cincang. Jangan lupa tambahkan garam, jeruk nipis dan penyedap rasa agar rasanya lebih enak.

5. Lontong Medan
Lontong Medan biasanya disajikan pada menu sarapan. Hampir semua orang Medan menyukai menu khas Sumatera Utara ini. Hidangan ini terdiri dari lontong, santan, dan cabai, dengan tambahan ikan teri, tauco, dan saus kacang. Rasanya yang lezat bisa membuat ketagihan.

6. Arsik
Berawal dari daerah Tapanuli, arsik menjadi makanan khas Sumatera Utara selanjutnya. Hidangan ini juga dikenal sebagai ikan mas bumbu kuning, yang sisiknya tidak dihilangkan saat disajikan. Selain ikan mas, ikan laut seperti ikan tenggiri dan kakap, serta dagingnya juga dapat dimanfaatkan sebagai arsik. 

Bumbu arsik sangat khas dan mengandung beberapa bahan khas daerah pegunungan Sumatera Utara, seperti andaliman dan asam sikal (buah kecombrang), dipadukan dengan rempah-rempah umum Indonesia seperti lengkuas dan serai. Bumbu yang sudah dibersihkan dioleskan pada tubuh ikan beberapa saat. Ikan kemudian dimasak dalam minyak dengan api kecil hingga agak kering. 

7. Lappet dan Ombus-Ombus
Kue Lapet dan Ombus-ombus adalah makanan khas Batak dari Tapanuli. Hidangan khas Sumatera Utara ini biasanya berbentuk limas dan dibungkus dengan daun pisang.

Proses pembuatannya tidak terlalu rumit, Anda mulai dengan tepung beras, parutan kelapa yang tidak terlalu tua dan aduk. Kemudian parutan gula merah (aren) dan air secukupnya. Setelah seluruh adonan tercampur rata, dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang.

8. Naniura
Naniura adalah masakan khas Batak dari Tapanuli yang terbuat dari dengke mas atau ikan mas dengan asam jawa. Naniura adalah lauk yang tidak dimasak, direbus, digoreng atau semacamnya, karena Naniura berarti ikan yang belum dimasak di Batak.

Ikan mentah disajikan dengan bumbu yang sempurna untuk membuat ikan terasa lebih enak tanpa dimasak, artinya bumbu akan memasak ikan mas. Mirip sashimi di Jepang.

Dulu, hanya raja dan koki kerajaan saja yang bisa menyantap makanan khas Sumatera Utara ini. Namun kini seluruh masyarakat bisa mencicipi kelezatan Naniura ini.

9. Soto Medan
Yang menarik adalah soto yang bercirikan kuah santan kental berwarna kuning kehijauan. Sup ini terkenal tidak hanya di Medan saja, tapi juga di beberapa kota di Indonesia.  Apakah Anda ingin menggunakan daging sapi, ayam atau udang terserah Anda.

Sumber : Realitasonline

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular