Friday, June 21, 2024
HomeBeritaKapolda Jambi Jamin Personel Berkomitmen Lakukan Pemberantasan Korupsi

Kapolda Jambi Jamin Personel Berkomitmen Lakukan Pemberantasan Korupsi


Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono menjamin bahwa Kepolisian berkomitmen untuk melakukan pemberantasan korupsi baik di internal maupun eksternal. 
 
“Saya beserta seluruh pejabat utama Polda Jambi telah mengisi LHKPN serta terus melaporkan jumlah kekayaan ke negara,” kata Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono di Jambi, Jumat dalam kegiatan rapat dengar pendapat sinergi pemberantasan tindak pidana korupsi di Provinsi Jambi.
 
Rusdi Hartono juga mengatakan penyelamatan kerugian negara periode tahun 2019 sampai dengan tahun 2023 yang telah diselesaikan Polda Jambi sampai dengan saat ini sebesar Rp142,80 miliar.
 
Sementara itu, terkait kegiatan yang dilakukan Polda Jambi dalam pencegahan,penindakan serta kegiatan intelijen dalam penindakan pungutan liar di Provinsi Jambi telah dilakukan sebanyak 542. Kegiatan itu telah dilakukan tim saber pungli Polda Jambi.
 
Kapolda Jambi menyebutkan bahwa Polri tentunya akan mendukung dengan penuh untuk memberantas korupsi di wilayah Jambi.
 
“Kita ketahui bersama mencegah Korupsi penting maka dari itu Polda Jambi bersama pemerintah dan instansi terkait lainnya akan bersama mencegah segala tindakan korupsi,” katanya pula.
 
Hadir dalam rapat tersebut yakni Wakil Ketua KPK RI Alexandre Marawata mengatakan Tugas KPK pasal 6 UU No. 19 tahun 2019 yaitu berkoordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi; supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi, melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi; melakukan tindakan-tindakan pencegahan tindak pidana korupsi dan melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara.
 
Menurutnya, perlunya sinergi KPK dan para aparat penegak hukum karena peran pemberantasan korupsi tidak bisa dilaksanakan satu pihak saja.
 
Diharapkan, dengan meningkatnya sinergi, akan menjadi semakin kuat dan pekerjaan dalam memberantas korupsi menjadi lebih efektif.
 
Sementara itu, Polda Jambi mendukung program KPK Roadshow BUS KPK yang saat ini berada di Provinsi Jambi.

Sumber: Antara Jambi

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular