Saturday, June 22, 2024
HomeAsiaDrawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia Harus Berjuang dari...

Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia Harus Berjuang dari Babak Pertama



DRAWING kualifikasi Piala Dunia 2026 akan diulas Okezone. Timnas Indonesia yang berada di peringkat 149 dunia kini pun dipastikan harus berjuang dari babak pertama.

Ya, tim-tim dunia akan mulai berjuang merebut tiket ke putaran final Piala Dunia 2026. Hal itu pun akan turut dilakukan Timnas Indonesia yang bakal mentas di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia

Ajang Piala Dunia 2026 sendiri diketahui akan digelar di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada. Jumlah kontestan dalam Piala Dunia itu pun dipastikan bertambah menjadi 48 tim. Sebelumnya, ajang Piala Dunia hanya diikuti 32 tim.

Jumlah kontestan dari Asia pun dipastikan bakal turut bertambah. Asia mendapat delapan slot lolos otomatis dan satu tim tampil di babak playoff.

Untuk bisa memperebutkan slot itu, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) pun sudah membentuk format yang akan diterapkan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dilansir dari Lao Dong, Selasa (11/4/2023), Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan terdiri dari lima babak.

Posisi tim di ranking FIFA pun akan menentukan dari mana perjalanan mereka akan dimulai. Tepatnya, peringkat FIFA pada akhir Juni yang akan menjadi penentu AFC dalam menentukan grup unggulan.

Babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan diikuti 22 tim yang berada di peringkat 26-47 Asia berdasarkan ranking FIFA akan berlaga. Pertandingan di babak itu akan digelar mulai Juni dengan format kandang dan tandang.

Lawan tim di babak pertama akan ditentukan beradasarkan undian. Tim peringkat 1-25 Asia pun dipastikan langsung lolos ke babak kedua.

Kemudian, di babak kedua, ada 36 tim yang akan berlaga. Mereka nantinya akan dibagi ke 9 grup dan memperebutkan dua posisi teratas di setiap grupnya. Sebab, hanya juara grup dan runner-up yang akan lolos.

Pada babak ketiga, ada 18 tim yang dipastikan bakal bersaing. Mereka juga akan kembali dibagi lagi ke tiga grup yang masing-masing terdiri dari 6 tim. Sama seperti di babak kedua, hanya juara grup dan runner-up yang dipastikan bakal langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Lalu, peringkat ketiga dan keempat di babak ketiga masih punya kans untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Mereka akan bersaing di babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Jadi total, ada 6 tim yang akan berlaga.

Nantinya, tim-tim yang lolos ke babak keempat akan dibagi ke dua grup. Hanya Pemenang dari setiap grup dipastikan langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Sementara runner-up grup, mereka akan bersaing lagi di babak kelima.

Sumber: Okezone.com

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular