Friday, April 12, 2024
HomeBeritaAda Perempuan Indonesia di Piala Dunia Wanita FIFA 2023

Ada Perempuan Indonesia di Piala Dunia Wanita FIFA 2023


Ajang Piala Dunia Wanita 2023 (FIFA Women’s World Cup 2023) siap bergulir di Selandia Baru dan Australia. Indonesia turut mengirimkan salah satu wakilnya.

Piala Dunia Wanita 2023 akan digelar pada 20 Juli – 20 Agustus 2023. Ada 32 negara yang akan beraksi di ajang ini, dengan 20 di antaranya juga berpartisipasi di gelaran edisi sebelumnya pada tahun 2019.

Dari zona AFC, ada enam negara yang tampil. Ada Australia sebagai tuan rumah. Juga China, Jepang, dan Korea Selatan yang tercatat punya peringkat 20 besar di AFC.

Selain itu dua negara tetangga Indonesia, Vietnam dan Filipina, juga akan debut di ajang Piala Dunia Wanita. Tim putri mereka secara berurutan ada di peringkat ke-32 dan ke-46 FIFA.

Indonesia sendiri masih mengirimkan wakil, salah satunya lewat volunter alias sukarelawan. Sejumlah 5.000 volunter terpilih dari 40 negara untuk menjadi panitia yang bantu menyukseskan acara tersebut. Dari Indonesia ada nama Vidyah Payapo.

Vidyah terpilih sebagai Venue Transport Volunteer di kota Adelaide, Australia. Ia mendapatkan kesempatan spesial nantinya menjadi Pre-match Ceremonies Volunteer untuk pertandingan Brasil vs Panama.

Perempuan 32 tahun kelahiran Ambon ini mengalahkan puluhan ribu pendaftar lainnya di Piala Dunia Wanita 2023. Vidyah melewati proses pendaftaran, seleksi berkas online, wawancara online, training online sampai akhirnya terpilih dan mengikuti training perdana tatap muka di Adelaide pada tanggal 15 Juli 2023.

Menjadi relawan kegiatan FIFA adalah bukan kali pertama bagi Vidyah. Pasalnya gadis yang kesehariannya bekerja di PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) ini adalah pencetus relawan Piala Dunia pertama dari Indonesia pada ajang FIFA World Cup 2014 di Brasil. Setelah 9 tahun, Vidyah kembali membuka pintu bagi para volunteer Indonesia di ajang FIFA Women’s World Cup.

Nantinya di Adelaide Vidyah akan menangani transportasi untuk para Pemain, Keluarga Pemain, Organisasi FIFA dan para tamu VVIP. Tak lupa Vidyah juga akan menyempatkan waktu untuk menonton salah satu laga timnas favoritnya, Brasil.

“Alhamdulillah semoga dengan keterlibatan orang Indonesia pada ajang perempuan ini, saya dapat membawa nama Indonesia dengan baik sebagaimana saat di Brasil dulu. Selain itu juga harapan saya orang Indonesia bisa lebih ‘melek’ lagi bahwa ada ajang Piala Dunia untuk perempuan sehingga timnas putri Indonesia juga mendapat support yang lebih besar lagi ke depannya,” kata Vidyah.

Nantikan cerita lanjutan keseruan Vidyah selama berada di negeri Kanguru!

Sumber: Sports Detik

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular