Wednesday, May 22, 2024
HomeNewsPesona Air Terjun Nyarai: Keajaiban Alam Tersembunyi di Sumatera Barat

Pesona Air Terjun Nyarai: Keajaiban Alam Tersembunyi di Sumatera Barat

Tersembunyi di balik hutan dan pegunungan Sumatera Barat, Air Terjun Nyarai muncul sebagai destinasi wisata yang menakjubkan. Terletak di Dusun Gamaran, Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, air terjunini menawarkan pengalaman memukau yang akan memacu adrenalin para petualang sejati.

Dikelilingi oleh keindahan alam yang menakjubkan, Air Terjun Nyarai memiliki ketinggian mencapai 8 meter. 

Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus menempuh perjalanan trekking sejauh 5,1 kilometer melalui hutan yang masih alami dan menyusuri sungai dengan aliran air yang deras. Namun, setiap langkah yang diambil akan sebanding dengan keindahan alam yang luar biasa yang menanti.

Awalnya merupakan bagian dari Hutan Lindung Bukit Barisan 1, kawasan ini kini dikelola oleh Lembaga Pengelola Hutan Nagari (LPHN) Nagari Salibutan, Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS Nyarai), dan Pokdarwis Nyarai. Izin dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup memastikan pengelolaan yang bertanggung jawab dan pelestarian lingkungan yang optimal.

Air Terjun Nyarai tidak hanya menghadirkan pemandangan yang memukau, tetapi juga menyuguhkan kolam alami yang terbentuk melalui fenomena alam. Dengan fenomena breksi yang unik, air terjun ini menawarkan kolam dengan pusaran air yang menggerus dinding kolam, menciptakan sebuah kolam alami yang membesar seiring waktu.

Bagi para pengunjung yang beruntung, mengunjungi Air Terjun Nyarai berarti menyaksikan keajaiban alam yang tercipta jutaan tahun yang lalu. Adrenalin akan semakin memuncak ketika menyelami pesona alam yang memikat ini.

Selain keindahan alamnya, Desa Wisata Nyarai juga menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Terdapat homestay yang nyaman dengan berbagai fasilitas yang memadai, serta cottage dan glamping untuk menikmati suasana sebelum atau sesudah petualangan di hutan.

Desa Wisata Nyarai juga menyediakan beragam paket wisata yang sesuai dengan minat pengunjung. Dari petualangan alam yang menggetarkan jiwa, kegiatan budaya yang memperkaya pengetahuan, hingga wisata kuliner untuk menjelajahi cita rasa lokal. Salah satu daya tarik utama adalah paket Mahseer Fly Fishing yang sangat diminati oleh wisatawan mancanegara.

Pengunjung juga dapat memancing di Lubuak Larangan dengan syarat menjaga kelestarian ikan dengan melepasnya kembali ke kolam. Selain itu, tersedia paket wisata arung jeram yang bekerjasama dengan L.a Rafting, memberikan pengalaman seru bagi pengunjung dari segala kalangan.

Desa Wisata Nyarai tidak hanya menjadi surga tersembunyi bagi pecinta alam dan petualang sejati, tetapi juga tempat yang mempertahankan kearifan lokal dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat. 

Dengan harga paket wisata yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati keindahan alam, berinteraksi dengan budaya lokal, dan menikmati pengalaman tak terlupakan di Sumatera Barat.

Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Air Terjun Nyarai dan Desa Wisata Nyarai di Sumatera Barat. Rasakan sensasi petualangan yang menggetarkan jiwa, saksikan keajaiban alam yang memukau, dan hadapi tantangan seru yang ditawarkan oleh destinasi ini.

Sumber: Batamnews

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular