Friday, June 21, 2024
HomeBeritaPemkab Batanghari Terima Insentif Fiskal Kemiskinan Ekstrem Rp11,8 Miliar

Pemkab Batanghari Terima Insentif Fiskal Kemiskinan Ekstrem Rp11,8 Miliar


Pemerintah Kabupaten Batanghari menerima dana insentif fiskal Rp11,8 miliar dari pemerintah pusat sebagai apresiasi kinerja pemda setempat dalam penghapusan kemiskinan ekstrem tahun berjalan 2023.

Bupati Batanghari M Fadhil Arief dalam keterangan resmi yang diterima di Jambi, Kamis, mengatakan geliat pembangunan di Kabupaten Batanghari ternyata berbanding lurus dengan kemajuan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.  Hal ini ditandai dengan menurunnya angka kemiskinan  di daerah tersebut.

Atas keberhasilan menurunkan angka kemiskinan ekstrem tersebut Batanghari menerima apresiasi dari Wakil Wakil Presiden RI  Makruf Amin dengan mendapatkan dana insentif fiskal sebesar Rp11,8 M kategori kinerja penghapusan kemiskinan ekstrim tahun berjalan 2023.

Fadhil menyebutkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tercatat angka kemiskinan makro di Batanghari mengalami penurunan secara berkala. Penurunan angka kemiskinan makro ini dampak positif dari program unggulan pemerintahan Batanghari Tangguh, salah satunya seperti peningkatan kesejahteraan petani.

Pemerintah Kabupaten Batanghari memiliki program membangun infrastruktur jalan di area pertanian dan bantuan pemberian bibit kepada petani. Keberhasilan program ini juga dampak positif dari pemda yang memperkuat peran para penyuluh tangguh yang bertugas di daerah setempat.

Program kepada petani ini, kata Fadhil, merupakan salah faktor yang menyebabkan penurunan angka kemiskinan di samping kebijakan – kebijakan lain yang berpihak kepada masyarakat.

“Semoga tahun berikutnya angka kemiskinan ini kembali menurun hingga mencapai kesejahteraan yang merata di tengah masyarakat,” katanya.

BPS melaporkan angka kemiskinan makro di Kabupaten Batanghari pada 2023 menurun dibandingkan tahun 2022.

Saat ini tercatat jumlah penduduk miskin sebanyak 25.880 jiwa atau sebesar 9,45 persen menurun dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 26.240 jiwa atau sebesar 9,63 persen.

BPS menilai salah satu faktor pendukung penurunan angka kemiskinan ini adalah program pemerintah yang fokus pada perbaikan infrastruktur pertanian.

Sumber: Antara Jambi

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular