Wednesday, July 24, 2024
HomeBeritaDisdukcapil Batanghari Catat Jumlah Pendaftar IKD Capai 3.344 Jiwa

Disdukcapil Batanghari Catat Jumlah Pendaftar IKD Capai 3.344 Jiwa


Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi mencatat jumlah warga yang telah mengaktifkan identitas kependudukan digital (IKD) mencapai 3.344 jiwa.

“Hingga saat ini masyarakat di Kabupaten Batanghari yang mengaktifkan IKD sebanyak 3.344 jiwa,” kata Plt Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Batanghari Reflizer di Jambi, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya terus mengejar target pendaftaran IKD di daerah itu. Dukcapil juga melakukan jemput bola dengan membuka pelayanan IKD sekaligus perekaman KTP elektronik melalui berbagai agenda, salah satunya saat Batanghari Expo 2023.

Ia menerangkan selama pelayanan di Batanghari Expo ini terjadi peningkatan pendaftaran IKD. Hal ini dikarenakan Dukcapil Batanghari langsung mengarahkan warga yang melakukan perekaman KTP elektronik untuk langsung mengaktifkan IKD.

“Kami juga jemput bola dengan hadir di berbagai agenda yang terdapat keramaian masyarakat, kami harapkan peningkatan pelayanan perekaman e-KTP dan IKD. Jadi, setelah mereka buat langsung diminta pengaktifan IKD,” katanya

IKD adalah aplikasi yang dapat diunduh pada Play Store yang ada pada telepon genggam, dimana di dalamnya berisi dokumen digital kependudukan, seperti e-KTP, Kartu Keluarga dan lain sebagainya.

Ia menyebutkan untuk target pendaftaran IKD di Batanghari sebesar 25 persen dari jumlah masyarakat yang memiliki KTP elektronik .

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya juga gencar sosialisasi mengenai manfaat IKD kepada masyarakat. Selain mengarahkan setiap warga yang melakukan perekaman KTP untuk mendaftar IKD, mereka juga sosialisasi langsung ke pelajar.

“Sejauh ini untuk aktivasi IKD ini masyarakat belum tahu dan belum menikmati manfaatnya. Jadi, kita kebanyakan untuk IKD, bahkan ke anak sekolah,” katanya.

Ke depan untuk penggantian identitas akan dilakukan secara daring melalui aplikasi IKD. “Kami imbau agar masyarakat dapat mengaktifkan IKD ke pelayanan Dukcapil Kabupaten Batanghari.

Sumber: Antara Jambi

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular