Saturday, May 18, 2024
HomeBeritaDinas Kesahatan Batanghari Bagikan Masker

Dinas Kesahatan Batanghari Bagikan Masker


Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Jambi, membagikan masker ke warga setempat untuk merespons kondisi terkini berupa udara berkabut asap karena kebakaran hutan dan lahan.

Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari, kondisi Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) berada pada angka 122,4 poin dengan kategori tidak sehat.

“Saat ini kondisi sudah dinyatakan tidak sehat maka harus menggunakan masker di luar ruangan,” ujar Kepala Bidang Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari Nurjali di Muara Bulian, Rabu.

Kualitas udara tidak sehat ini sangat berpengaruh untuk kesehatan bagi manusia yang dapat menyebabkan iritasi di saluran pernapasan seperti batuk, lendir atau dahak.

Untuk meminimalisir dampak kondisi udara tidak sehat maka warga dianjurkan menggunakan masker saat berada di luar ruangan dan kalau tidak berkepentingan diharapkan tetap di rumah.

Pembagian masker kepada masyarakat tersebut dilakukan di beberapa tempat seperti di Tugu Jam Muara Bulian, Rumah Sakit Haji Abdul Majied Batoe dan 18 Puskesmas yang ada di Kabupaten Batanghari.

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar ruangan dan menggunakan masker.

“Kami imbau masyarakat agar menggunakan masker dan jika tidak terlalu penting agar tidak banyak melakukan aktivitas di luar ruangan,” ujarnya.

Sumber: Antara Jambi

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular