Saturday, September 7, 2024
HomeAsiaPBNU Gelar Konpers soal Gaza usai 5 Kadernya Temui Presiden Israel

PBNU Gelar Konpers soal Gaza usai 5 Kadernya Temui Presiden Israel


Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU akan menggelar konferensi pers soal Gaza, Palestina pada hari ini, Selasa, 16 Juli 2024. PBNU berencana menyatakan sikap mereka soal perkembangan dan situasi terkini di Gaza usai lima kadernya dikabarkan menemui Presiden Israel Isaac Herzog.

“Guna menyikapi perkembangan terkini tragedi Gaza, Palestina, dan Israel, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengundang rekan-rekan media untuk hadir,” kata Ketua Lembaga Ta’lif Wan Nasyr (LTN) PBNU Ishaq Zubaedi pada Selasa, 16 Juli. Konferensi pers tersebut akan dilaksanakan di Gedung PBNU, Jakarta Pusat pada pukul 14.30 WIB.

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf dijadwalkan hadir sebagai narasumber untuk memberi keterangan. “Agenda, sikap PBNU atas perkembangan terkini soal Gaza,” ucap Ishaq.

Sebelumnya, PBNU merespons foto yang diduga menunjukkan lima Nahdliyin bertemu Presiden Israel Isaac Herzog. Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Savic Ali, membenarkan lima orang tersebut warga Nahdliyin, bahkan diantaranya ada pengurus.

“Lima orang itu setahu saya memang anggota NU, ada yang tercatat pengurus ada yang bukan pengurus,” kata Savic saat dihubungi Tempo, Senin, 15 Juli 2024.

Savic mengaku kecewa atas kunjungan dan pertemuan itu. Menurut Savic, mereka bukan dalam kapasitas menekan atau bernegosiasi dengan Israel.

Ia khawatir pertemuan itu justru digunakan Israel untuk menunjukkan bahwa ada kalangan muslim yang berpihak mereka. “Pertemuan itu akan dipakai Israel untuk menunjukkan bahwa ada kalangan muslim yang berdiri di sisi mereka,” kata Savic.

Sumber

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular