Thursday, September 19, 2024
HomeAsiaChina Diramal 'Bangkit dari Kubur', Kuasai Setengah Ekonomi Dunia!

China Diramal ‘Bangkit dari Kubur’, Kuasai Setengah Ekonomi Dunia!


Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) merevisi ke atas pertumbuhan ekonomi China. Didasari dari kuatnya konsumsi domestik dan kinerja ekspor negara itu.

Dalam World Economic Outlook edisi Juli 2024, proyeksi pertumbuhan ekonomi China IMF naikkan menjadi 5%, dari perkiraan sebelumnya dalam World Economic Outlook edisi April 2025 hanya sebesar 4,6%.

“Pertumbuhan China kami revisi naik dan masih menyumbang hampir setengah pertumbuhan global,” ucap Direktur Departemen Riset Dana Moneter Internasional Pierre-Olivier Gourinchas dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (17/7/2024).

IMF menilai kebangkitan konsumsi domestik China mendorong peningkatan pertumbuhan positif pada kuartal pertama, dibantu oleh lonjakan ekspor, yang berkaitan dengan peningkatan permintaan global pada tahun lalu.

“Untuk China, perkiraan pertumbuhan direvisi naik menjadi 5% pada tahun 2024, terutama karena peningkatan konsumsi swasta dan kuatnya ekspor pada kuartal pertama,” tulis IMF dalam proyeksinya.

Meski begitu, pada 2025, PDB China IMF proyeksikan akan melambat menjadi 4,5%, dan akan terus melambat dalam jangka menengah menjadi 3,3% pada tahun 2029.

Perlambatan ekonomi China mulai 2025 karena hambatan akibat penuaan populasi dan melambatnya pertumbuhan produktivitas.

Sementara itu, Asian Development Bank atau ADB tetap mempertahankan ekonomi China di level 4,8% pada 2024, meski menurun proyeksinya menjadi 4,5% pada 2025 mendatang.

ADB mendasari proyeksi pertumbuhan ekonomi China pada 2024 dari berlanjutnya pemulihan konsumsi jasa dan ekspor yang lebih kuat daripada perkiraan, serta kegiatan industri, mendukung pertumbuhan ini, bahkan di tengah kesulitan sektor properti yang belum juga stabil.

“Pemerintah memperkenalkan sejumlah langkah kebijakan tambahan pada bulan Mei untuk mendukung pasar properti,” tulis ADB dalam Asian Development Outlook (ADO) edisi Juli 2024.

Sumber

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular