Saturday, May 18, 2024
HomeEconomySiap-Siap! Tarif 4 Ruas Tol Trans Sumatra Ini Bakal Naik

Siap-Siap! Tarif 4 Ruas Tol Trans Sumatra Ini Bakal Naik

PT Hutama Karya (Persero) segera melakukan penyesuaian tarif tol pada empat ruas Tol Trans Sumatra (JTTS) tahun 2023. Adapun, dua di antaranya yang akan naik dalam waktu dekat, yaitu Jalan Tol Medan-Binjai dan Bakauheni-Terbanggi Besar.  Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, kedua ruas tol tersebut sudah seharusnya mengalami penyesuaian, bahkan sejak 2021 lalu. Sebab, sejak pertama kali beroperasi, kedua ruas tol tersebut disebut belum pernah mengalami kenaikan.  “Dua ruas tol tersebut harusnya sudah naik per Mei 2023 ini, jadwalnya kan kemarin tapi masih ada pemeriksaan,” kata Dwi di Jakarta, dikutip Kamis (11/5/2023).  Namun, hingga saat ini, kenaikan tarif pada kedua ruas tersebut belum terealisasi meski sudah mengantongi izin penyesuaian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Penyesuaian tarif yang dilakukan Hutama Karya telah sesuai dengan UU Jalan No. 2/2022 tentang Perubahan Kedua atas UU No. 38/2004 tentang Jalan. Sejak dioperasikan pada Oktober 2017, Jalan Tol Medan-Binjai belum pernah dilakukan penyesuaian tarif.  Ruas tersebut seharusnya telah mengalami penyesuaian tarif pada 2019 dan 2021. Sementara itu, Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sesuai regulasi sudah saatnya dilakukan penyesuaian tarif kembali setelah sebelumnya pernah dilakukan penyesuaian pada 2021.

Adapun, penyesuaian tarif  telah diikuti dengan pemenuhan dan peningkatan standar pelayanan minimal (SPM) dengan terus melakukan pemeliharaan dan peningkatan pada layanan transaksi maupun operasional yang saat ini telah dilengkapi oleh 26 gardu transaksi yang tersebar di empat gerbang tol, 10 armada siaga, 55 CCTV, 5 variable message sign. Pemenuhan SPM pada Bakauheni – Terbanggi Besar telah dilengkapi dengan 55 gardu yang terdapat di 11 gerbang tol (GT) dan 44 armada siaga, 12 rest area dengan fasilitas lengkap, serta melakukan pemeliharaan jalan tol dan beautifikasi. Lebih lanjut, Dwi menuturkan, ada dua ruas Tol JTTS yang tengah direncanakan untuk disesuaikan tarifnya, yakni ruas Tol Pekanbaru-Dumai dan Palembang-Indralaya.  “Pekanbaru-Dumai seharusnya tahun lalu penyesuaiannya tahun 2022, tapi ini masih dalam pemeriksaan terkait dengan pemenuhan dan sebagainya oleh regulator. Ya, mudah-mudahan ini bisa segera selesai dan dapat izin,” ujarnya. Sementara itu, ruas Tol Palembang-Indralaya disebutkan seharusnya dapat dinaikkan tarifnya pada September atau Oktober 2023. Sebab, bulan Juni atau Juli ini, pihaknya akan mengajukan usulan kenaikan tarif ke PUPR.  “Kalau pengajuan di dalam peraturan itu adalah 3 bulan sebelum waktunya itu kita bersurat. Artinya, kalau 3 bulan sebelumnya ya sekitar bulan Juli kita akan bersurat ke regulator kemudian akan dijadwalkan pemeriksaan dan sebagainya,” tandasny. 

Berikut 4 Ruas Tol Trans Sumatra yang Akan Dinaikkan Tarifnya pada 2023: 1. Tol Bakauheni-Terbanggi Besar 2. Tol Medan-Binjai  3. Tol Pekanbaru-Dumai 4. Tol Palembang-Indralaya 

Sumber : Bisnis.com

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular