Saturday, April 13, 2024
HomeGlobal NewsLokasinya Tersembunyi, Inilah Air Terjun Langkuik Tamiang yang Menyegarkan di Sumatra Barat

Lokasinya Tersembunyi, Inilah Air Terjun Langkuik Tamiang yang Menyegarkan di Sumatra Barat

Sumatra Barat menyimpan segudang keindahan alam. Dari banyaknya air terjun dengan pesonanya sendiri, salah satu yang bisa dikunjungi adalah Air Terjun Langkuik Tamiang.

Air Terjun Langkuik Tamiang menjadi salah satu tujuan, meski mungkin kurang sering terdengar dibanding yang lainnya. Tapi, jika ke Sumatra Barat, tidak ada salahnya dijadikan dalam daftar wisata.

Terletak di Kabupaten Agam, Air Terjun Langkuik Tamiang biasa dicari oleh para pecinta alam. Terlepas dari hal itu, Sumatra Barat memang dipenuhi dengan objek wisata alamnya.

Air Terjun Langkuik Tamiang terletak di Kenagarian Malalak Selatan, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam.

Tepatnya, air terjun ini berada di sisi barat Gunung Singgalang, di jalan lintas Bukittinggi – Pariaman.

Kawasan Malalak sendiri merupakan kawasan tampungan air dari Gunung Singgalang, maka dari itu tak heran terdapat beberapa air terjun.

Air Terjun Langkuik Tamiang ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 100 m.

Selain itu, air terjun ini memiliki satu air terjun yang cukup tinggi tapi debit airnya kecil. Meski begitu, di tebingnya mengalir pula air yang membentuk tirai.

Air terjun yang biasa dikunjungi para pecinta alam ini memang terhitung masih awam untuk publik karena medannya juga yang tidak mudah untuk umum.

Tapi, jika memang berkeinginan mendatangi air terjun cantik ini, besar kemungkinan kamu tidak kecewa oleh apa yang ditawarkan air terjun ini.

Berdasarkan mereka yang telah mengunjungi air terjun ini, kamu bisa mendatangi dulu daerah Nyiua. Daerah Nyiua ini terletak kurang lebih 60 km dari kota Padang dan 35 km dari Bukittinggi.

Dari Nyiua, perjalanan yang ditempuh akan memakan waktu sekitar 45 menit dengan cara trekking.

Sepanjang jalur trekking, kamu bisa saksikan juga pemandangan sekitar, seperti perkebunan, sungai dan hutan kayu yang masih hijau.

Tenang saja, dari Nyiua kamu bisa menemukan pemandu jalan ataupun pemuda setempat yang kemungkinan bersedia mengantarkan sampai ke Air Terjun Langkuik Tamiang ini.

Air terjun yang berada di kaki gunung dan tengah hutan ini memang cocok bagi mereka yang suka melakukan pendakian. Meski tersembunyi, air terjun ini tetap memiliki pesona yang menarik.

Pendakian tentunya akan mudah bagi mereka yang sudah terbiasa, tapi bagi yang belum juga akan menikmatinya karena pemandangan alam yang ditawarkan air terjun ini.

Jadi, untuk kamu yang ingin berkunjung, persiapkanlah diri dan apapun yang dibutuhkan untuk menuju ke air terjun ini ya.

Sumber : Harian Haluan

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular