Wednesday, July 24, 2024
HomeIndonesiaJokowi dan Prabowo Blusukan ke Pasar di Kebumen, Beli Baju Koko hingga...

Jokowi dan Prabowo Blusukan ke Pasar di Kebumen, Beli Baju Koko hingga Peci


Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjugi Pasar Petanahan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023). Kunjungan ke pasar tradisional merupakan salah satu agenda yang rutin dilakukan Jokowi ketika melakukan kunjungan kerja ke suatu daerah.

Selain untuk mengecek harga kebutuhan pokok, Jokowi juga membagikan bantuan sosial bagi para pedagang. Dia pun menyempatkan membeli baju koko dari salah satu pedagang pasar di Kebumen.

“Bajunya 100 ribu, Pak,” ujar pedagang menjawab pertanyaan Jokowi, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis (9/3/2023).

Jokowi pun mengeluarkan empat lembar uang pecahan Rp50 ribu.

“Enggak usah dikembalikan,” ucap Jokowi.

Tak hanya Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang turut dalam kunjungan tersebut juga berbelanja peci seharga Rp150 ribu. Dia pun mengeluarkan lima lembar uang seratus ribu dan menyerahkannya kepada pedagang.

Setelah berbelanja, Jokowi melanjutkan peninjauan pasar dan membagikan bantuan sosial berupa bantuan modal kerja, bantuan tunai, hingga bantuan sembako.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan tersebut yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Sebelumnya, Presiden Jokowi bersama Prabowo Subianto dan Ganjar juga meninjau panen raya padi di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis pagi. Momen akrab ketiganya tergambar dari sebuah foto

Jokowi terlihat melakukan swafoto bersama Prabowo dan Ganjar. Sesekali mereka terlihat berbicara serius. Kemudian, suasana menjadi cair penuh tawa saat berfoto dengan para petani di sawah.

Jokowi nampak memegang ponsel, kemudian bergantian dengan Ganjar. Raut wajah para petani pun senang berfoto bersama mereka.

Jokowi Sidak Kantor Pajak Solo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023). Jokowi mengecek pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak di kota asalnya itu.

Jokowi tiba di KPP Pratama Kota Solo sekitar pukul 15.30 WIB. Kepala Negara didampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa saat menyambangi kantor pajak.

Mantan Wali Kota Solo itu terlihat mengenakan baju putih lengan panjang. Jokowi sempat menyapa para wajib pajak yang sedang berada di kantor tersebut.

Jokowi sebelumnya sempat geram terkait kasus flexing atau pamer harta dan gaya hidup mewah yang dilakukan sejumalh pejabat dan pegawai di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Jokowi turut mengikuti kasus yang sedang menimpa mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo dan mantan Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto.

Jokowi Maklumi Kekecewaan Masyarakat

Diketahui, kedua pejabat Kemenkeu ini viral di media sosial lantaran kekayaannya yang fantastis dan bergaya hidup mewah.

“Dari komentar-komentar yang saya baca baik di lapangan maupun media sosial, karena peristiwa di (Ditjen) Pajak dan Bea Cukai, saya tahu betul mengikuti kekecewaan masyarakat terhadap aparat kita, kepada pemerintah,” kata Jokowi dalam Rapat Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (2/3/2023).

Jokowi memahami betul jika masyarakat kecewa atas perilaku aparatur negara di Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai Kemenkeu. Pasalnya pelayanan publik belum baik, namun justru pegawainya sibuk pamer harta, sehingga membuat masyarakat jengkel.

Source: Liputan6

RELATED ARTICLES

TRANSLATE

- Advertisment -

Most Popular